Jumat, 30 Juli 2010

PANDUAN TIK KELAS XII SMAN 1 DAYEUHKOLOT

STANDAR KOMPETENSI

:

1.

Menggunakan Perangkat Lunak Pembuat Grafik

KOMPETENSI DASAR

:

1.1

Menunjukkan menu ikon yang terdapat

dalam perangkat lunak pembuat grafis


 

Gambar digital adalah gambar yang dihasilkan dari olah gambar di komputer, pemotretan menggunakan kamera digital, atau media lain yang disimpan dalam bentuk file. Gambar digital terbagi menjadi dua jenis, yaitu gambar jenis bitmap dan gambar jenis vektor.


 

  1. Gambar bitmap

Gambar bitmap merupakan duplikat atau tiruan persis dari gambar asli dalam bentuk gambar digital. Gambar jenis ini tersusun dari sejumlah titik pixel (picture element)/dot/point/titik koordinat yang ditempatkan pada lokasi-lokasi tertentu dengan nilai warna tersendiri sehingga membentuk pola tertentu di layar komputer. Pixel merupakan elemen terkecil citra digital yang dapat dilihat mata. Semakin banyak jumlah pixel, berarti semakin tinggi tingkat kerapatannya dan semakin halus gambar yang terbentuk. Akibatnya, semakin besar pula ukuran file gambar tersebut. Banyaknya titik dalam 1 inchi dikenal dengan dpi (dot per inchi). Anda dapat mengenali gambar bitmap dari file komputer yang berekstensi .bmp, .jpg, .tfi, .gif, .png, .pix, .pcx,


 

Kelebihan Gambar bitmap :

  • Mampu menangkap nuansa warna dan bentuk yang natural
  • Lebih cepat dan lebih sesuai untuk ditampilkan ke layar monitor, karena gambar bitmap dapat ditransfer secara langsung dari file ke layar monitor Anda.


 

Kekurangan Gambar bitmap :

  • Perubahan ukuran gambar (pembesaran dan pengecilan) mempengaruhi kualitas gambar.

  • Ukuran file gambar relatif besar.
  • Melakukan kompresi (pemadatan) pada gambar, maka kualitasnya gambar tersebut akan menurun.


 

Program Aplikasi berbasis bitmap :

Adobe Photoshop, Corel Photopaint, Microsoft Photo Editor, Macromedia Freeworks dan GIMP. GIMP adalah program aplikasi yang gratis.


 


 

  1. Gambar vektor

Gambar vektor adalah gambar yang tersusun oleh sekumpulan garis, kurva, dan bidang tertentu dengan menggunakan serangkaian instruksi yang masing-masing didefinisikan secara matematis. Setiap garis, kurva, dan bidang tertentu tersebut mempunyai properti atau atribut masing-masing berupa fill, stroke, dan node. Gambar vektor tidak dipengaruhi oleh resolusi gambar atau titik pixel (dpi) seperti pada gambar bitmap.


 

Kelebihan Gambar vektor :

  • Bersifat scalable, artinya kita dapat memperbesar atau memperkecil gambar tanpa mengubah kualitasnya.
  • Memiliki ukuran file yang kecil, sehingga lebih mudah dan lebih cepat didownload melalui Internet.
  • Dapat diubah dalam berbagai tampilan tiga dimensi, tentunya dengan menggunakan software yang sesuai.
  • Mempunyai warna-warna yang solid, cocok untuk bentuk-bentuk gambar sederhana, seperti logo, kartun, dan sebagainya.


 

Kekurangan gambar vektor :

  • kurang dapat menampilkan gambar dan gradasi secara realitis atau natural.


 

Program Aplikasi berbasis vektor :

CorelDraw, Macromedia Freehand, Macromedia Flash, Dia, dan Inkscape, Adobe Illustrator.


 


 

Perbedaan gambar vektor dan gambar bitmap


 

vektor

bitmap

Gambar tetap jelas ketika diperbesar

Gambar kurang jelas ketika diperbesar

Tersusun oleh garis dan kurva

Tersusun atas titik-titik/dot

Ukuran file yang dihasilkan kecil

Ukuran file yang dihasilkan besar

Kualitas tidak bergantung dari banyaknya pixel

Kualitas bergantung dari banyaknya pixel


 


 


 



 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Uji Kompetensi

a. Soal Pilihan Ganda

Pilihlah jawaban yang paling tepat.

1. File gambar yang dihasilkan dari kamera termasuk gambar jenis ....

a. non digital         b. Bitmap     c. vektor     d. pixel         e. scalable


 

2. Gambar kartun termasuk gambar jenis ....

a. non digital         b. Bitmap     c. vektor     d. pixel         e. scalable


 

3. Program aplikasi untuk mengolah gambar bitmap yang dapat digunakan secara gratis adalah ....

a. Adobe Photoshop     b. Corel Photopaint     c. Gimp     d. Dia     e. Inkscape


 

4. Program aplikasi untuk membuat gambar vektor yang dapat digunakan secara adalah ....

a. CorelDraw     b. Gimp     c. Macromedia Flash     d. Adobe Photoshop     e. Inkscape


 

5. Titik-titik yang merupakan bagian terkecil dari gambar bitmap dikenal dengan istilah ....

a. pixel         b. Scalable     c. node     d. Stroke     e. fill


 

6. Kesan alami yang didapatkan dari suatu objek, dikenal dengan istilah ....

a. node         b. fill         c. pixel     d. natural e. stroke


 

7. Gambar yang bersifat scalable, sehingga kualitasnya tetap bila diperbesar maupun diperkecil adalah gambar jenis ....

a. bitmap        b. Vector    c. Natural    d. non digital        e. Lukisan


 

8. Gambar kartun atau vektor merupakan gabungan dari beberapa objek berikut ini, kecuali ...

a. garis        b. Kurva    c. Kotak    d. Lingkaran        e. foto


 

9. Ukuran file gambar vektor bila dibandingkan dengan gambar bitmap adalah ....

a. lebih kecil    b. Sama    c. lebih besar    d. lebih lebar        e. Fleksibel


 

10. Gambar manual dapat diubah menjadi gambar vektor, dengan cara ....

a. memotret    

b. membuat dengan Inkscape    

c. mengolah dengan Gimp    

d. scanning

e. membuat pada kanvas


 


 


 


 

b. Soal Essay

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!.

1. Jelaskan pengertian gambar digital!

2. Tuliskan perbedaan gambar non digital dengan gambar digital!

3. Tuliskan kelebihan dan kekurangan gambar bitmap!

4. Tuliskan kelebihan dan kekurangan gambar vektor!

5. Jelaskan perbedaan gambar bitmap dan gambar vektor!


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

c. Soal Praktik

Kerjakan soal praktik berikut ini.

1. Buatlah suatu sketsa yang bisa mengenalkan gambar bitmap dan gambar vektor, serta bisa menjelaskan perbedaan kedua gambar tersebut. Buat pada selembar karton atau steroform lengkap dengan gambar dan keterangannya.

2. Buat formatnya minimal dalam ukuran Folio, seperti gambar berikut ini.


 

GAMBAR DIGITAL


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Tanggal :......................


 

Nilai: ............................

Penggunaan Program Grafis Berbasis Bitmap

Mengaktifkan Program Grafis Berbasis Bitmap Adobe Photoshop CS3 :

  1. Klik star menu pada Taskbar
  2. Klik All Program
  3. Klik Adobe Photoshop CS3

Kemudian akan muncul lembar kerja Adobe Photoshop CS3 pada layar monitor seperti gambar berikut :


 


 


 


 



 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Komponen-komponen dalam lembar kerja Adobe Photoshop CS3:

  1. Title Bar

    Title Bar berfungsi untuk menampilkan judul file aplikasi yang sedang aktif yang dibuka pada lembar Kanvas.


    

Gambar di atas menunjukkan bahwa file yang sedang aktif adalah Gambar Latihan-1.psd. Selain menampilkan nama file yang aktif, Title Bar dilengkapi dengan Control Box yang berfungsi untuk menutup jendela Windows minimize, maximize, dan restore dari file pada aplikasi Photoshop yang sedang aktif


 


 


 


 

  1. Menu Bar

Disebut juga menu Pull Down dimana tampilan menu tersebut adalah sebagai berikut :



 

Cara mengaktifkan menu tersebut adalah dengan menekan tombol kiri pada mouse (left click) atau bila menggunakan keyboard dengan cara Alt+ huruf yang digaris bawah


 

  1. Option Bar

    Merupakan pilihan tombol yang ditampilkan untuk melengkapi pilihan pada Toolbox . Tampilan akan berubah secara dinamis seiring dengan tool yang digunakan. Cara mengaktifkan atau menghilangkan Option Bar ini adalah dengan clik menu Windows Option maka Option bar akan berubah-ubah sesuai kebutuhan dari Toolbok yang digunakan.



 


 

  1. Toolbox

    Toolbox berfungsi untuk melakukan editing pada gambar. Biasanya toolbok berada di sebelah kiri layar. Toolbox yang memiliki tanda panah di bagian kanan bawah menunjukkan tombol tersebut masih menyimpan tombol lain yang tersembunyi Untuk mengaktifkan atau menyembunyikan Toolbox dapatdilakukan dengan cara click menu Windows Tools Tanda cek menandakan Toolbox dalam keadaan aktif.

Berikut ini adalah nama-nama tombol yang terdapat pada Toolbox :


 



 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  1. Pallete

    Pallete berfungsi untuk monitoring, mengatur, dan memperbaiki gambar. Untuk menampilkan suatu Pallete dapat dilakukan dengan cara clik menu Windows nama Pallete yang akan ditampilkan



 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Berikut ini adalah jenis-jenis Pallete menurut fungsinya :

  1. Navigator Pallete

    Pallete ini berfungsi untuk mengatur besar kecilnya tampilan ukuran gambar dalam lembar kerja (canvas) melalui sebuah salinan miniatur gambar Untuk melakukan perbasaran gambar click icon Zoom In dan untuk melakukan pengecilan dengan click icon Zoom Out.


  1. Info Pallete

    Pallete ini berfungsi untuk memberikan informasi bagian image yang ditunjuk oleh pointer tentang persentase campuran warna, titik koordinat, dan posisi pointer mouse dalam kanvas.


 


 

  1. Color Pallete

    Pallete ini berfungsi untuk mengatur presentase campuran setiap komponen warna pada foreground dan background, antara lain mode RGB dengan cara menggeser slider untuk menentukan setiap bagian dari mode pewarnaan atau dengan mengclick Foreground Color


 

  1. Swatches Pallete

    Pallete ini berfungsi untuk membuat suatu objek dengan sistem pewarnaan dan efek yang telah disedikan pallete


 


 

  1. Styles Pallete

    Pallete ini berfungsi untuk membuat suatu objek dengan sistem pewarnaan dan efek yang telah disedikan pallete


     


     


  2. History Pallete

    Pallete ini berfungsi sebagai pengingat di mana setiap perintah yang telah dilakukan akan terekam dan dipaparkan pada Pallete


 


  1. Actions Pallete

    Pallete ini berfungsi untuk menjalankan perintah yang akan diterapkan pada gambar yang akan diproses lebih lanjut.


     


  2. Layer Pallete

    Pallete ini berfungsi untuk mengatur layer (lapisan gambar) sehingga memudahkan dalam pengaturan urutan lapisan gambar tanpa mempengaruhi bagian lapisan lainnya.


 


 

  1. Channel Pallete

    Pallete ini berfungsi untuk merekam komponen warna yang digunakan pada gambar


     


     


     


     

  2. Paths Pallete

    Pallete ini berfungsi untuk menyimpan bagian gambar yang dipotong sehingga sewaktu-waktu bagian potongan gambar tersebut dapat ditampilkan kembali Untuk memotong gambar, dapat digunakan tool Magi,c Wand Lass,o atau Marquee


 


 


 


 


 


 


 


 

Uji Kompetensi

a. Soal Pilihan Ganda

Pilihlah jawaban yang paling tepat.

  1. Title bar berfungsi untuk ....
    1. Menampilkan judul lembar kerja
    2. Menampilkan ukuran gambar
    3. Menampilkan Palette
    4. Menampilkan toolbox
    5. Menampilkan judul file


       

  2. Perhatikan gambar di bawah ini!



gambar di atas disebut....

a. toolbox        b. Option bar        c. Palette    d. Menu bar    e. Title bar


 

  1. Menu yang terdapat dalam menu bar disebut....

a. toolbox        b. Option bar        c. Pull-down    d. Menu bar    e. Pull-up


 

  1. Tombol pilihan yangditampilkan untuk melengkapi pilihan pada toolbox disebut....

a. toolbox        b. Option bar        c. Palette    d. Menu bar    e. Title bar


 

  1. Fasilitas yang berfungsi untuk melakukan editing pada gambar adalah...

a. toolbox        b. Option bar        c. Palette    d. Menu bar    e. Title bar


 

  1. Fasilitas yang berfungsi untuk memantau, mengatur, dan memperbaiki gambar adalah....

a. Palette        b. Menu bar        c. toolbox    d. Option bar    e. Title bar


 

  1. Palette yang berfungsi untuk mengatur besar kecilnya tampilan gambar adalah ....

a. info        b. Navigator        c. swatches    d. Color    e. styles


 

  1. Bagian tengah Navigator palette disebut ....

a. stage        b. kanvas        c. thumbnail    d. styles    e. center


 

  1. Palette yang berfungsi mengatur presentase campuran setiap komponen warna pada foreground dan background disebut.... palette

a. info        b. Navigator        c. swatches    d. Color    e. styles


 

10. Palette yang berfungsi untuk membuat suatu objek dengan sistem pewarnaan dan efek yang telah disediakan disebut.... palette

a. info        b. Navigator        c. swatches    d. Color    e. Styles


 


 

b. Soal Essay

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!.

  1. Sebutkan dan jelaskan mimimal 5 macam palette yang terdapat pada Adobe Photoshop CS3!


 


 

  1. Lengkapi kerja Adobe Photoshop CS3

    


 


 


 



 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  1. Carilah minimal 30 bentuk tool, shortcut, nama tool dan fungsinya!

Contoh

Bentuk Tool

Shortcut

Nama Tool

Fungsinya

M

Rectangular Marqueen Tool

Memilih gambar yang berbentuk empat persegi panjang

T

Horizontal Type Tool

Membuat teks secara mendatar

Z

Zoom Tool

Mengubah ukuran tampilan gambar

................

.................

..................

............................................................


 


 


 

I.

STANDAR KOMPETENSI

:

1.

Menggunakan Perangkat Lunak Pembuat Grafik

II.

KOMPETENSI DASAR

:

1.2

Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis


 

Memulai Desain Grafis dengan Photoshop

  1. Pembuatan Dokumen Baru

    Langkah yang harus dilakukan adalah :

  • Klik menu file
  • Klik New (Ctrl+N)


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

    Setelah itu, tampil kotak dialog New.


 



 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  1. Mengubah ukuran gambar


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  1. Mengubah ukuran kanvas



 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  1. Model-model warna dalam Photoshop


     

    1. RGB (Red, Green, Blue)

      RGB memiliki tiga warna dasar, yakni merah, hijau, dan biru. Dalam pengaturan warna RGB digunakan skala 0 (terendah) sampai 255 tertinggi).


       

    2. CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Black)

      CMYK menggunakan prosentase. Warna putih diprosentasekan oleh nilai 0%, sedangkan warna hitam oleh nilai 100%.


       

    3. Bitmap Mode

      Mode ini menggunakan satu dari dua nilai warna yaitu hitam dan putih


       

    4. Grayscale Mode

      Mode ini menggunakan lebih dari 256 bayangan abu-abu.


       

    5. Duotone Mode

      Mode ini menggunakan 256 warna pada saat dikonversi menjadi indeks warna.


       

    6. Multichannel Mode

      Mode ini menggunakan 256 level dari abu-abu pada tiap channe lmage dengan mode ini sangat berguna pada pencetakan khusus.


       


       


       

  2. Penyimpanan (save) file

Langkah-langkah penyimpanan pada waktu pertama kali file disimpan:

  • Klik file
  • Klik Save AS (Shft+Ctrl+S)
  • Kemudian akan tampil dialog Save AS seperi berikut :


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Setelah muncul kotak dialog Save AS, selanjutnya lakukanlah :

  • Pilih folder tempat file akan disimpan
  • Ketik nama file pada kotak File Name
  • Tentukan format file
  • Klik Save untuk mengakhiri penyimpanan


 

  1. Pembukaan Dokumen Photoshop

    Langkah-langkahnya:

  • Klik File
  • Klik Open (Ctrl+O)
  • Kemudian akan tampil dialog seperi berikut :



 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Selanjutnya pilih directori/ folder tempat file yang akan dibuka pada kotak Look in, kemudian pilih nama file, dan akhiri dengan click Open


 

  1. Penutupan dokumen Photoshop

Menutup dokumen file aktif pada Kanvas dengan cara :

  • Klik menu File
  • Klik Close (Ctrl+W)

menutup file sekaligus keluar dari aplikasi Photoshop sengan cara :

  • Klik menu File
  • Klik Exit (Ctrl+Q)

    Atau gunakan tombol Alt + F4 pada Keyboard


     

Uji Kompetensi

Soal Pilihan Ganda

Pilihlah jawaban yang paling tepat.


 

1.

Model pewarnaan yang disebut sebagai additive color adalah ....

a. RGB

b. CMYK

c. Grayscale

d. Bitmap

e. Duotone

 

2.

Model pewarnaan yang dikenal dengan separtion printing adalah ....

a. RGB

b. CMYK

c. Grayscale

d. Bitmap

e. Duotone

 

3.

Model pewarnaan yang menggunakan lebih dari 256 bayangan abu-abu adalah....

a. RGB

b. CMYK

c. Grayscale

d. Bitmap

e. Duotone

 

4.

Model pewarnaan yang disebut adalah .... bitmapped 1-bit adalah ....

a. RGB

b. CMYK

c. Grayscale

d. Bitmap

e. Duotone

 

5.

Model pewarnaan yang menggunakan 256 warna pada saat dikonversi menjadi indek warna adalah....

a. RGB

b. CMYK

c. Grayscale

d. Bitmap

e. Duotone

 

6.

Model pewarnaan CMYK untuk warna putih memiliki nilai....

a.100 %

b.80 %

c.50 %

d.20 %

e. 0 %

 

7.

Shortcut untuk membuat dokumen baru adalah ....

a. Ctrl + O

b. Ctrl + Q

c. Ctrl +W

d. Ctrl + N

e. Ctrl +Z

 

8.

Shortcut untuk menutup dokumen file aktif pada Kanvas adalah ....

a. Ctrl + O

b. Ctrl + Q

c. Ctrl +W

d. Ctrl + N

e. Ctrl +Z

 

9.

Shortcut untuk menutup file sekaligus keluar dari aplikasi Photoshop adalah ....

a. Ctrl + O

b. Ctrl + Q

c. Ctrl +W

d. Ctrl + N

e. Ctrl +Z

 

10.



 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Dari gambar di atas fungsi bagian yang di tunjuk (X) adalah ....

a. untuk memilih ukuran kertas

b. untuk memilih jenis kertas

c. untuk menentukan ukuran resolusi

d. untuk menentukan model warna

e. nama file

 


 


 


 

Bekerja dengan Photoshop

  1. Drawing

    Drawing merupakan proses pembuatan gambar sebagai hasil kreasi tangan dengan menggunakan pen tool dan shape tool



     

    Gbr. pen tool


     

    Gbr. shape tool


     

  2. Pembuatan Layer

    Layer diibaratkan sebuah plastik transparan sebagai tempat objek diletakkan sehingga layer dapat memberikan batasan antar objek yang jelas.



     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     

  3. Bekerja dengan Teks

    Pada Photoshop teks terbagi menjadi 2 tipe, yaitu tipe point dan tipe paragraf. Tipe point biasa digunakan untuk membuat tulisan berupa banner, judul, dan tulisan indah lainnya, sedangkan tipe paragraf digunakan untuk membuat tulisan menjadi paragraf..


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Parameter-parameter teks pada baris options



 


 


 


 


 


 


 

Untuk memformat teks, aktifkan horizontal teks tool, blok teks dan klik tombol palet character untuk membuka palet character.



 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Mengatur format teks paragraf : klik tombol palet paragraph palletes


 



 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Memodifikasi bentuk teks



 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  1. Memotong Gambar dengan Crop


     



 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 



 


 


 


 


 


 

  1. Memutar dan Membalikan Kanvas


 



 

  1. Memanfaatkan Effect

Memberi efek teks dengan Palet Styles



 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  1. Menyeleksi Gambar
    1. Menyeleksi gambar dengan Polygonal Lasso



 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  1. Menyeleksi gambar dengan Magnetic Lasso



 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  1. Menyeleksi gambar dengan Quick Selection


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  1. Menyeleksi gambar dengan Magic Wand



 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  1. Menyeleksi gambar dengan Color Range


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 



 


 


 


 


 


 

  1. Menyeleksi gambar dengan Channel Warna


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  1. Menyeleksi gambar dengan Mask


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  1. Memperluas Area Seleksi
    1. Memperluas Area Seleksi dengan Grow



 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  1. Memperluas Area Seleksi dengan Similar



 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  1. Membalik Area Seleksi



 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  1. Memperluas dan Mempersempit Area Seleksi



     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     


     

  2. Menghapus Area Seleksi


 



 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  1. Menghapus Gambar dengan Background Eraser



 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

STANDAR KOMPETENSI

:

1.

Menggunakan Perangkat Lunak Pembuat Grafik

KOMPETENSI DASAR

:

1.3

Membuat grafis dengan berbagai variasi warna, bentuk, dan ukuran


 

Membuat foto Threshold


 



 

Membuat Foto Batu Relief dengan Emboss


 


 



 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Membersihkan noda dengan Spot Healing Brush


 



 



 


 


 


 

Menghapus Efek Mata Merah dengan Red Eye


 



 


 


 


 


 


 

Menduplikasi Gambar dengan Clone Stamp


 



 


 

Memberi kesan gerak dengan Motion Blur


 



 


 


 


 


 


 

Menambal noda dengan Patch



 

Menarik/menggosok gambar dengan smudge


Memutihkan gambar dengan Dodge



 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Membuat foto Hitam Putih dan Duotone



 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Menggabungkan Gambar

  • Klik file
  • Klik Automate
  • Photomerger



 

  • Cari poto yang akan digabungkan (Browse)



 

  • Klik Ok kemudian gambar akan digabungkan, seperti di bawah ini


  • Klik ikon Crop tool
  • Drag pada daerah gambar yang di inginkan


 



 

  • Tekan enter
  • Hasil akhir penggabungan setelah di cropping


 



 

Tugas

Buat photo SMAN 1 Dayeuhkolot dengan cara penggabungan Photo!


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Uji Kompetensi

Soal Pilihan Ganda

Pilihlah jawaban yang paling tepat.


 

1.

Ek stensi file dokumen dari Adobe Photoshop adalah....

a. psd

b. aps

c. pss

d. psc

e. psp

 

2.

Lembar kerja yang diibaratkan sebuah plastik transparan tempat objek ditempatkan, disebut....

a. slide

b. layer

c. stage

d. document

e. worksheet

 

3.

Fasilitas untuk menggabungkan gambar dalam Photoshop disebut ....

a. image group

b. photogroup

c. photomerge

d. mailmarge

e. ungroup

 

4.

Shape tool yang digunakan untuk menggambar lingkaran adalah....

a. line

b. costum

c. circle

d. ellipse

e. polygonal

 

5.

Shape tool yang digunakan untuk menggambar sudut banyak adalah....

a. line

b. costum

c. circle

d. ellipse

e. polygonal

      

6.

Ikon yang digunakan untuk membuat tulisan adalah....

a. costum

b. text bok

c. pen tool

d. label

e. type tool

 

7.

Penyesuaian tingkatan warna secara otomatis dengan menggunakan ....

a. levels

b. auto color

c. color balance

d. auto levels

e. auto contrast

 

8.

Penyesuaian tingkatan warna secara seimbang dengan menggunakan ....

a. levels

b. auto color

c. color balance

d. auto levels

e. auto contrast

 

9.

Penyeleksian gambar yang memiliki warna hampir sama menggunakan .... lasso tool

a. polygonal

b. magnetic

c. magic

d. rectangular

e. elliptical

 

10.

Penyeleksian gambar yang memiliki sudut banyak menggunakan ....

a. polygonal

b. magnetic

c. magic

d. rectangular

e. elliptical


 


 


 

Soal Praktik

Kerjakan soal praktik berikut ini.


 

Poster Buatlah sebuah poster untuk kegiatan OSIS atau kegiatan ekstrakurikuler menggunakan Photoshop, dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Menggunakan efek render
  2. Mengunakan blur
  3. Menggunakan layer Style


 

Tugas akhir

Buatlah sebuah banner untuk halamam web sekolah SMAN 1 Dayeuhkolot dengan ukuran 640 x 100 pikel, dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Menggunakan efek render
  2. Terdapat gedung sekolah SMAN 1 Dayeuhkolot dengan layer Style
  3. Menggunakan efek lainnya yang mendukung


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 



 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 



 


 


 


 


 


 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

SILAKAN / MANGGA